Tuesday , September 17 2019
Home / Off Topic / Cara Jualan Online yang Efektif agar Produk Cepat Laku
Cara Jualan Online
Cara Jualan Online

Cara Jualan Online yang Efektif agar Produk Cepat Laku

Cukup sederhana sebenarnya untuk mendapatkan uang ekstra dengan menjual barang secara online, tetapi Anda harus tahu bagaimana caranya dan bagaimana menentukan tempat yang ideal untuk itu. Cara jualan online memang mungkin terlihat sederhana, tetapi tanpa pengetahuan mendasar, bisa jadi jualan malah tidak laku-laku. Kami telah mengumpulkan beberapa pasar online utama juga di sini yang bisa Anda jadikan pegangan saat memulai bisnis olshop nanti.

 

Memilih Media yang Terintegrasi dan Nyaman

Anda dapat berjualan secara online di berbagai saluran yang berbeda. Sudah banyak penyedia toko e-commerce menyediakan aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan penjualan online dengan media sosial atau layanan serupa lainnya.

Ada juga pilihan untuk menjalankan platform toko Anda sendiri karena Anda memegang kendali penuh atas cara jualan online Anda. Anda-lah yang memutuskan tampilan dan nuansa toko Anda dan bagaimana produk Anda disajikan. Anda tidak rentan terhadap faktor eksternal, seperti pembaruan algoritme dari platform yang sudah ada.

Bila Anda tidak ingin repot-repot, Anda bisa mendaftarkan akun di platform jualan yang sudah ada seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, atau BukaLapak (Nasional) dan Amazon, eBay, dan Etsy (Internasional). Proses berikutnya sangat mudah, karena Anda hanya perlu menaruh daftar produk yang dijual dengan deskripsi, harga, dan gambar, menjelaskan bagaimana produk Anda akan dikirimkan, bagaimana pembayaran diterima dari pelanggan, dan kemudian bagaimana menyiapkan barang yang akan dikirim.

 

Buat Iklan Anda Menonjol dari Yang Lainnya

Membuka lapak jualan Anda di media-media tadi akan membantu memaparkan Anda pada sejumlah besar pelanggan potensial dan memungkinkan Anda untuk mulai menjual dengan sangat cepat. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana produk Anda menonjol dari kerumunan?

Apalagi dengan algoritma pencarian platform e-commerce yang selalu berubah, produk Anda bisa muncul satu hari, esoknya hilang, esoknya lagi muncul, dan seterusnya. Belum lagi selalu ada pesaing baru bermunculan dan menaruh harga lebih murah atau menambah fitur untuk memenangkan pelanggan.

Anda perlu memikirkan tujuan jangka panjangnya. Jika produk Anda menonjol dari yang lainnya, pembeli akan terus berdatangan. Banyaknya pembeli akan menambah kepercayaan mereka terhadap Anda. Membangun kepercayaan sangat penting jika menyangkut cara jualan online dengan sukses. Logikanya, Anda tidak akan terus-menerus membeli barang secara online jika Anda tidak mempercayai mereknya, bukan?

Baca juga: Begini Proses Jual Beli Rumah KPR yang Tepat

 

Cara Jualan Online

 

 

Tanyakan Diri Sendiri

  1. Apa yang ingin Anda capai? Pikirkan berapa banyak uang yang ingin Anda hasilkan dan berapa banyak produk yang ingin Anda jual dalam tiga atau enam bulan pertama. Lakukan riset dan tolok ukur Anda terhadap kisah sukses e-commerce di bidang atau industri Anda.
  2. Berapa margin yang Anda inginkan? Siapa saja dapat secara membabi buta mulai menjual secara online, tetapi Anda di sini untuk belajar cara jualan online, bukan? Dalam hal ini Anda perlu menghitung marginCari tahu berapa biaya yang Anda keluarkan untuk memproduksi/membeli dan kemudian mengirimkan produk Anda. Kurangkan ini dari seberapa banyak Anda ingin menagih pelanggan nanti. Bingo, Anda punya margin. Jika Anda tidak yakin apa yang harus ditagih, lakukan riset dan cari tahu penjual apa yang menagih barang yang mirip dengan produk Anda. Yang membawa kita ke poin selanjutnya…
  3. Siapa saja pesaing Anda? Ketika berjualan online, belajarlah dari kesalahan orang lain dan dari yang terbaik. Jalankan pencarian di Tokped, Google dan Facebook, misalnya, untuk melihat-lihat produk serupa yang ingin Anda jual dan lihat siapa yang muncul di dekat bagian atas. Lihatlah deskripsi produk mereka, gambar dan tata letak halaman dan buat daftar hal-hal yang mereka lakukan dengan baik. Mendaftar newsletter juga cara yang bagus untuk tetap mengetahui bagaimana harga pesaing dan mempromosikan produk (dan mengambil beberapa tips tentang pemasaran email sendiri). Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat melakukannya dengan lebih baik.
  4. Bagaimana orang menghabiskan uang mereka secara online? Semakin baik Anda mengenalpelanggan, semakin baik Anda dapat mencocokkan kebutuhan mereka. Dan semakin baik Anda memenuhi kebutuhan mereka, semakin banyak rupiah yang akan Anda hasilkan. Sebagian besar dari ini adalah membiarkan pelanggan membayar sesuai keinginan, sehingga Anda bisa menawarkan kemudahan pembayaran dengan fleksibel.
  5. Bagaimana pelanggan menemukan Anda dan produk Anda? Sejumlah pengusaha e-commerce yang mengejutkan lupa memikirkan hal ini ketika belajar cara berjualan secara online. Anda dapat menarik pelanggan dengan membuat blog tentang produk Anda atau mengirimkan kampanye email. Mulailah memikirkan metode mana yang paling cocok untuk bisnis Anda.

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini adalah langkah penting dalam mempelajari cara menjual secara online dengan sukses. Ini akan memberi Anda ide konkret tentang apa yang ingin Anda capai, dan bagaimana Anda bisa sampai di sana.

Source: Website Builder Expert

Baca juga: Cara Promosi Apartemen Paling Efektif

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *