Wednesday , November 21 2018
Home / Inspiration / Anda Bisa Membuat Gerakan Jakarta Bersih Menjadi Realita, Tidak Hanya Frasa
Gerakan Jakarta Bersih
Gerakan Jakarta Bersih

Anda Bisa Membuat Gerakan Jakarta Bersih Menjadi Realita, Tidak Hanya Frasa

Gerakan Jakarta bersih mungkin belum menjadi kampanye resmi yang didengung-dengungkan di seluruh penjuru kota Jakarta. Namun, tidak berarti Anda tidak bisa memulai hiruk-pikuk gerakan ini dari diri Anda sendiri. Bayangan akan ibu kota DKI Jakarta yang bersih dan sehat hingga dapat disamakan dengan negara Singapura yang sudah terkenal akan kualitas kebersihannya tentu bisa terwujud dengan adanya kerja sama dari seluruh masyarakat untuk tempat tinggal yang lebih baik.

Tidak perlu takut untuk membuat perubahan, karena siapa tahu, Anda malah jadi bisa memotivasi orang-orang di sekitar Anda untuk melakukan hal yang sama. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk memulai gerakan Jakarta bersih.

 

Memberikan Contoh yang Baik

Anda bisa memulai gerakan Jakarta yang lebih bersih dengan memberikan contoh yang baik. Orang-orang cenderung membuang sampah sembarangan jika ada yang melakukannya terlebih dahulu. Hal nomor satu yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan Anda adalah memberikan contoh hidup bebas sampah sembarangan bagi orang lain. Jangan jentikkan puntung rokok ke tanah, dan jika Anda melihat sampah tergeletak, ambillah. Bila Anda memiliki hewan peliharaan, pastikan kotoran mereka dibersihkan dengan teliti. Jika tidak ada tong sampah di dekat Anda, pegang pembungkus sampah tersebut sampai Anda menemukan tempat daur ulang atau pembuangan sampah.

 

Mengatur atau Berpartisipasi dalam Pembersihan Lokal

Langkah berikutnya untuk gerakan Jakarta bersih bisa dimulai dengan Anda berinisiatif bergabung ke dalam komunitas atau gerakan pembersihan lokal di sekitar rumah Anda. Tidak ada salahnya Anda bergabung dan melihat bagaimana Anda bisa membuat perbedaan di lingkungan sekitar. Cari tahu bagaimana caranya bergabung, dan setelahnya bukalah suara dalam pengambilan keputusan di komunitas Anda untuk mendukung lingkungan yang bersih dan sehat.

Baca juga: Tips Membersihkan Lemari Baju Dalam Satu Jam

 

Gerakan Jakarta Bersih

Image source: DetikNews

 

Recycle atau Reuse

Sebagian besar materi yang dapat kita daur ulang kebanyakan berakhir begitu saja di tempat pembuangan sampah. Jika Anda tidak ingin mendaur ulang, Anda bisa menggunakan kembali atau reuse yang juga efektif dan lebih menghemat pengeluaran untuk benda-benda baru. Manfaatkan keberadaan kertas pembungkus, tas hadiah, wadah-wadah plastik dan lainnya yang bisa Anda temukan. Selama Anda bisa menjaga kondisi benda-benda tersebut untuk terus dipakai berkali-kali, Anda tidak punya alasan untuk membeli yang baru, bukan? Dan hindari menggunakan styrofoam karena bahan ini adalah bahan sekali pakai yang tidak bisa didaur ulang. Styrofoam termasuk tidak ramah lingkungan dan banyak ditemukan saat pembersihan pantai. Anda bisa memilih alternatif lain seperti karton telur yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Ini Cara Membersihkan Rumah Yang Benar

 

Menilik Lingkungan Tempat Tinggal

Satu-satunya cara untuk menjaga lingkungan Anda tetap bersih adalah dengan mencintai dan menghargainya. Anda bisa meluangkan waktu untuk berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal Anda untuk mengingatkan diri terhadap apa yang Anda sukai dari tempat ini dan mengapa Anda ingin keadaannya tetap bersih. Mungkin dari berjalan-jalan ini juga, Anda bisa mengamati masalah-masalah yang timbul dalam kebersihan lingkungan dan mendapatkan inspirasi yang bisa disampaikan kepada para warga untuk menyelesaikan masalah tersebut.

 

Begitulah cara-cara yang bisa Anda terapkan untuk memulai gerakan Jakarta bersih ke depannya. Ingat, properti yang bersih tidak hanya akan menjadi tempat tinggal yang nyaman, tetapi bisa jadi menaikkan nilai investasi properti tersebut dan menarik minat banyak calon pembeli. Jika Anda merasa yakin untuk menjual atau menyewakan unit hunian yang memiliki lingkungan bersih kepada orang lain, gunakanlah jasa Saleshack! Saleshack adalah sebuah jasa pemasaran properti seperti apartemen, rumah, tanah, ruko dan lainnya yang murah, mudah dan cepat pengerjaannya. Cukup dengan IDR 399,000.00 nett, apartemen Anda dapat dibantu ditayangkan di 15 online channels di seluruh Indonesia tanpa biaya komisi agen seperti pada umumnya. Sangat mudah dan cepat tentunya!

 

Source: San Diego Coastkeeper, Knozone

About Devi Yulia

A girl who wishes to run an easier life

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *