Friday , December 13 2019
Home / Uncategorized / Kenalilah Perbedaan MRT dan LRT Berikut Ini
Perbedaan MRT dan LRT
Perbedaan MRT dan LRT

Kenalilah Perbedaan MRT dan LRT Berikut Ini

Apakah Anda sudah tahu apa perbedaan MRT dan LRT? Dengan munculnya moda transportasi modern ini di kota DKI Jakarta pada tahun 2019, masyarakat semakin terbantu dalam akses transportasi publik yang murah dan maju. Selama bertahun-tahun, manusia telah menemukan cara baru mengenai bagaimana menyediakan moda transportasi yang lebih baik. Negara-negara Asia seperti Filipina, Singapura, dan Taiwan memiliki LRT dan MRT sebagai moda transportasi mereka di zaman modern ini.

“LRT” adalah singkatan dari “light rail transit,” sementara “MRT” adalah singkatan dari “metro rail transit” atau “mass rapid transit.” Karena kedua moda transportasi bekerja dan terlihat sama, bagaimana perbedaan MRT dan LRT?

Source: jakartamrt.co.id

Baik LRT dan MRT adalah sistem transportasi yang sangat cepat. Misalnya, jika Anda bepergian dengan bus ke tujuan Anda, mungkin Anda memerlukan waktu 30 menit penuh sebelum Anda sampai di sana. Namun, jika Anda naik LRT atau MRT, Anda dapat mencapai tempat tujuan Anda hanya dalam waktu tiga hingga lima menit. Cepat bukan?

Sebenarnya, LRT dan MRT sangat mirip satu sama lain. Di Filipina, satu-satunya perbedaan antara dua moda transportasi adalah rute dan perusahaan yang menjalankannya. LRT sebagian besar dikendarai oleh penumpang yang berada di sepanjang Taft Avenue-Rizal Avenue dan rute Ramon Magsaysay Blvd-Aurora Blvd. Di sisi lain, MRT sebagian besar dikendarai oleh penumpang dari EDSA.

Source: finance.detik.com

LRT dimiliki oleh pemerintah Filipina, sedangkan MRT dimiliki oleh Fil-Estate, sebuah perusahaan swasta. Jika Anda berada di Singapura, LRT dan MRT dioperasikan oleh SBS Transit, yang juga merupakan perusahaan jaringan bus.

LRT di Singapura biasanya disukai oleh orang-orang jika mereka bepergian di dalam kota. Karena LRT dimaksudkan untuk membantu penumpang mencapai titik tujuan mereka di kota, ada banyak halte yang tersedia. Perbedaan MRT dan LRT lainnya bisa dilihat dari LRT yang lebih kecil ukurannya jika dibandingkan dengan MRT. Walau kecepatan LRT lebih lambat, Singapura sudah menggunakan LRT sebagai salah satu moda transportasi mereka sejak 1999.

Di Singapura, MRT disebut angkutan cepat massal. MRT tampak seperti sistem seperti mobil yang terikat bersama-sama untuk melakukan perjalanan pada kecepatan tinggi. Orang-orang dari Singapura lebih suka naik MRT di siang hari untuk melakukan perjalanan sepanjang jarak yang sangat padat.

Baca juga: Mengenal Tren Gaya Hidup Minimalis Saat Ini

Perbedaan MRT dan LRT

Perbedaan MRT dan LRT bisa dilihat dari lokasinya, seperti misalnya MRT terletak di bawah tanah. Rute MRT di Singapura adalah sekitar 130 km dengan sekitar 87 stasiun. Ketika Anda turun dari MRT, Anda kemudian dapat naik bus untuk sampai di lokasi spesifik Anda karena stasiun MRT dibangun cukup jauh dari area utama.

Mengendarai LRT dan MRT masing-masing menawarkan keuntungan besar. Pertama-tama, keduanya adalah moda transportasi murah, sehingga Anda bisa menghemat banyak pengeluaran. Baik LRT dan MRT juga ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan asap atau menciptakan polusi udara. Keduanya juga sangat nyaman dinaiki karena Anda dapat mencapai tujuan dalam beberapa menit saja. Anda juga tidak akan terjebak dalam lalu lintas.

Namun, ada juga beberapa kelemahannya. Karena beberapa orang ingin melarikan diri dari lalu lintas, LRT dan MRT biasanya penuh sesak. Ketika penuh sesak, Anda pasti mau tidak mau berdesakan juga dengan penumpang lain, bahkan jika Anda duduk sekalipun. Penumpang wanita bisa saja menjadi rentan karena hal ini. Belum lagi, AC tidak akan begitu dingin, dan bau badan semua orang bercampur menjadi satu. LRT dan MRT juga bisa menjadi berisik meskipun ada pengingat untuk tetap tenang selama jam perjalanan.

Source: netz.id

Ringkasan:

  1. “LRT” adalah singkatan dari “light rail transit” sementara “MRT” adalah singkatan dari “metro rail transit” atau “mass rapid transit.”
  2. Di Filipina, satu-satunya perbedaan antara dua moda transportasi adalah rute dan perusahaan yang menjalankannya.
  3. Di Singapura, baik LRT dan MRT dijalankan oleh perusahaan yang sama, SBS Transit.
  4. LRT lebih kecil panjang dan lebih lambat dari MRT.

Sumber: Differencebetween

Baca juga: Tips Jual Rumah: “Staging” Efektif untuk Memikat Pembeli!

 

Itulah informasi dari kami mengenai perbedaan MRT dan LRT. Bila Anda berencana untuk memasarkan apartemen Anda, gunakanlah jasa pengiklanan properti paling baik di Indonesia, Saleshack. Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menawarkan cara cepat menyewakan apartemen dengan menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

About Devi Yulia

My life revolves around reading books, writing stories, watching series and movies, and listening to music.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *