Saturday , December 7 2019
Home / Guide / Pertanyaan Dasar Untuk Memilih Calon Tenan Apartemen

Pertanyaan Dasar Untuk Memilih Calon Tenan Apartemen

Jika Anda sedang akan menjual atau menyewakan apartemen, Anda pasti akan bertemu dengan banyak calon tenan dengan setiap pertanyaannya sendiri. Dalam memilih calon tenan apartemen, jika waktu Anda hanya sedikit, Anda memang harus pandai-pandai dalam menyeleksi yang potensial dari yang tidak. Hal ini harus dilakukan sedini mungkin agar Anda bisa menghemat waktu.

Ada beberapa pertanyaan yang harus ditanyakan ketika bertemu dengan calon pembeli/penyewa. Dan jika Anda memperhatikannya, akan selalu ada pertanyaan mendasar yang harus Anda tanyakan kepada diri Anda sendiri saat memilih calon tenan apartemen. Berikut ini adalah sepuluh pertanyaan tersebut.

 

  1. Kenapa berencana pindah hunian?

Tingkat urgensi setiap calon tenan akan sangat berbeda-beda tergantung situasi mereka masing-masing. Selalu pertimbangkan faktor lain seperti kesepakatan harga negosiasi dan tentunya hasil background check Anda dalam memilih calon tenan apartemen, karena Anda ingin menjual atau menyewakan apartemen Anda agar cepat laku kepada orang yang bisa dipercaya.

 

  1. Berapa orang yang akan menyewa?

Pertanyaan ini lebih ditujukan untuk kasus sewa-menyewa, walaupun dalam beberapa kasus bisa diaplikasikan kepada transaksi jual-beli juga. Jika apartemen yang Anda pasarkan adalah sebuah unit studio minimalis, tentunya jumlah tenan yang disarankan adalah 1 orang saja. Kalaupun ingin dipaksakan untuk menambah jumlah tenan, mungkin akan ada biaya tambahan atau prosedur lanjut dengan manajemen gedung.

 

  1. Area atau lokasi mana yang dipilih untuk pindah? Kenapa?

Apartemen yang bereputasi bagus dengan lokasi yang strategis dan dikelilingi banyak tujuan umum yang besar tentunya lebih banyak dipilih. Bila Anda memiliki beberapa apartemen tersebar di Ibukota, Anda bisa menanyakan ini kepada calon tenan dan kemudian memberikan beberapa alternatif unit yang mungkin menarik minat mereka.

 

  1. Pernah melakukan survei hunian sebelumnya?

Tanyakan alamat dan riwayat pekerjaan calon tenan sebelumnya. Apakah mereka sering pindah atau berganti pekerjaan? Jika mereka sering pindah, pola ini kemungkinan masih akan berlanjut dan apartemen Anda tidak akan disewa dengan lama. Jika mereka tidak menunjukkan penetapan tempat tinggal yang konsisten, mereka mungkin tidak mampu membayar apartemen dalam tiga bulan, dan Anda harus bersiap-siap untuk memasarkan kembali apartemen tersebut untuk mendapatkan calon tenan baru.

Baca juga: Checklist & Tips Beli Apartemen untuk Investasi dengan Hasil Balik Maksimal

 

Memilih Calon Tenan Apartemen

 

  1. Pernah menawar harga sebuah properti sebelumnya?

Terlepas dari jawaban si calon tenan , negosiasi tetaplah akan terjadi, jadi tetaplah bersiap-siap.

 

  1. Metode pembayaran apa yang dipilih, tunai atau kredit?

Makin banyak dan fleksibel pilihan pembayaran yang Anda berikan kepada calon tenan, makin mudahlah bagi kedua belah pihak untuk menyelesaikan transaksi tersebut.

Baca juga: Biaya–biaya Saat Beli Apartemen yang Perlu Anda Perhatikan

 

  1. Pernah mendapat persetujuan kredit dari bank sebelumnya?

Pertanyaan dalam memilih calon tenan apartemen ini lebih ditujukan untuk jual-beli apartemen. Bila pengajuan kredit ke bank sempat terjadi masalah sebelumnya, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk mencari calon tenan yang lain saja.

 

  1. Berapa budget yang telah ditentukan?

Ini adalah faktor yang mungkin paling penting dari seluruh transaksi apartemen. Negosiasi harga yang mungkin terjadi adalah karena hal ini, dan selalu komunikasikan dengan calon tenan tentang kesepakatan harga dan dengar masukan dari kedua belah pihak. Jangan memaksakan kehendak, dan pilihlah harga yang dirasa paling cocok untuk Anda dan calon tenan.

 

Dari jawaban-jawaban calon pembeli/penyewa akan pertanyaan-pertanyaan di atas, maka Anda akan bisa membedakan calon yang potensial/prospektif dan tidak. Jangan khawatir, semakin sering Anda bertemu dengan calon pembeli/penyewa, semakin mudah bagi Anda untuk membedakan yang serius dan tidak.

Baca juga: Cara Cepat Menjual Apartemen atau Menyewakan Apartemen

Itulah informasi dari kami mengenai pertanyaan dasar saat memilih calon tenan apartemen untuk Anda. Bila Anda masih berada dalam kompetisi memasarkan apartemen Anda kepada orang lain dan masih belum mendapat calon pembeli yang tertarik, Anda bisa menggunakan jasa pengiklanan properti paling baik di Indonesia, Saleshack. Saleshack membantu mengiklankan atau memasarkan semua jenis properti Anda, tidak hanya apartemen saja tetapi rumah, ruko, tanah hingga gedung perkantoran. Saleshack menawarkan cara cepat menyewakan apartemen dengan menayangkan iklan properti Anda di 15 online channels di seluruh Indonesia. Dengan eksposur luas seperti ini, Saleshack juga memberikan analisis perbandingan harga terbaik untuk menyewakan properti Anda.

 

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Sewa Apartemen di Singapura

Ini yang Bisa Anda Perhatikan untuk Sewa Apartemen di Singapura

Jika Anda berencana pindah ke Singapura dan mungkin menetap di sana dalam jangka panjang, mungkin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *