Saturday , December 7 2019
Home / News / Infrastruktur / Beroperasi Bulan Juli, Ini Tarif Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Beroperasi Bulan Juli, Ini Tarif Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Selama ini, jalan tol dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta tidak mampu menampung padatnya arus lalu lintas kendaraan yang lewat. Tahun ini, tepatnya di bulan Juli, pemerintah optimis bahwa proyek Kereta Api Bandara Soekarno Hatta sudah bisa beroperasi.

Proyek sama yang sudah tersedia di Bandara Kualanamu Medan, Sumatra Utara ini merupakan proyek yang sudah lama dinantikan. Dibangun dengan nilai investasi Rp 2,7 triliun, diharapkan operasional kereta Bandara ini bertepatan dengan beroperasinya Terminal 3 Internasional.

KA Bandara yang nantinya mampu menampung 33.000 penumpang per hari dengan 122 perjalanan kereta ini otomatis akan mengurangi kemacetan lalu lintas dari dan menuju bandara. Seperti yang kami informasikan sebelumnya, nantinya akan ada lima stasiun pemberhentian KA Bandara, yaitu stasiun Manggarai, Sudirman Baru, Duri, Batuceper dan pemberhentian akhir di stasiun Bandara Soekarno Hatta.

Baca juga: Pembangunan Stasiun Bandara Sesuai Rencana

Saat ini, progres pembangunan stasiun Bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai 94,2 persen, yaitu di tahap penyelesaian akhir seperti pemasangan kaca dan pengecatan dinding dan interior dalam gedung stasiun.

Stasiun yang dibangun di atas lahan 9.000 m2 ini juga akan dilengkapi fasilitas people mover, atau kereta tanpa masinis untuk akses penumpang dari dan menuju terminal keberangkatan pesawat di terminal 1, 2, dan 3 Bandara Soekarno-Hatta dan ditargetkan selesai pembangunannya pada September 2017.

Ditargetkan, pembangunan kelima stasiun akan selesai bulan Juni dan beroperasi mulai bulan Juli. Tarif yang ditentukan berlaku tarif batas atas kereta, yaitu Rp 100.000.
Mengenai tarif kereta Bandara Soekarno-Hatta, menurut Budi, akan berlaku tarif batas atas kereta yaitu Rp 100.000.

Selain Jakarta, Kota Padang juga mentargetkan akan memiliki kereta bandara yang mungkin akan beroperasi pada Agustus 2017. Ke depannya, Jogja dan Solo juga merencanakan untuk membangun kereta bandara juga.

Baca juga: Kereta ke Bandara Membuat Harga Apartemen Ikut Naik

image

About Fely Tan

i paint with words

Check Also

Lippo Group Hadirkan 10 Institusi Global di Meikarta

Proyek mega superblok Meikarta seluas 500 hektar di Cikarang, Jawa Barat oleh Lippo Group akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *